Tips and Trik

Pengertian Dan Perbedaan Kabel ATA Dengan SATA

1. ATA

http://bambang31setia.blogspot.com/
 ATA (Advanced Technology Attachment) standar merupakan interface standar yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan perangkat penyimpanan ke komputer PC. Standar ATA dikembangkan pada tanggal 12 Mei 1994 oleh ANSI. Standar ATA awalnya ditujukan untuk menghubungkan hard drive, namun ekstensi yang disebutATAPI (ATA Packet Interface) sudah dikembangkan untuk bisa perangkat penyimpanan lain ( CD-ROM drive , DVD-ROM drive , dll) pada ATA.
Standar ATA bisa menghubungkan perangkat penyimpanan langsung dengan motherboard untuk kabel pita, yang umumnya terdiri dari 40 kabel paralel serta tiga konektor (biasanya konektor biru untuk motherboard serta konektor hitam serta konektor kelabu untuk dua perangkat penyimpanan).

2. SATA

 SATA (Serial Advanced Technology Attachment) merupakan pada komputer yang ditampilan biasanya untuk mentransfer data antara motherboard serta media penyimpanan data, semacam hard disk serta optical drive di dalam komputer. Keuntungan mutlak memakai hard disk SATA merupakan transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan ataupun meningkatkan smartphone selagi operasi, kabel yang lebih tipis jadi proses pendinginan udara bisa efisien, serta tak sedikit keunggulan lainnya. SATA dalam mentransfer data dengan cara berurutan alias serial lewat kabelnya serta juga dengan cara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, jadi kabel SATA hanya bisa dipakai pada satu hard disk.
 SATA (Serial Advanced Technology Attachment) merupakan pada komputer yang ditampilan biasanya untuk mentransfer data antara motherboard serta media penyimpanan data, semacam hard disk serta optical drive di dalam komputer. Keuntungan mutlak memakai hard disk SATA merupakan transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan ataupun meningkatkan smartphone selagi operasi, kabel yang lebih tipis jadi proses pendinginan udara bisa efisien, serta tak sedikit keunggulan lainnya.
SATA dalam mentransfer data dengan cara berurutan alias serial lewat kabelnya serta juga dengan cara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, jadi kabel SATA hanya bisa dipakai pada satu hard disk.


Perbedaan yang mencolok dari Kabel Data ATA dengan SATA, Yaitu :
  1. Kabel SATA memakai kabel yang lebih kecil dari ATA (15-pin). Adapter dari serial ATA sanggup mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana. Mesikipun memakai kabel lebih kecil, tapi SATA lebih cepat dari pada ATA. Apabila kecepatan ATA mencapai 133 Mbps, SATA mempunyai kecepatan lanjutannya, yaitu 150 Mbps (SATA I), 300 Mbps (Sata II), serta 600 Mbps (SATA- 600/SATA III), Sedangkan ATA memakai kabel lebar serta transfer rate max 133Mbps.
  2. SATA mempunyai tak sedikit kelebihan (umpama native command queuing) yang menyebabkannya mempunyai kecepatan lebih serta performa untuk meperbuat bekerja di lingkungan multitask dibandingkan ATA. ATA serta SATA adalah system transfer data dari serta ke hardisk. ATA itu tetap memakai sistem paralel makanya kini dikenal dengan nama PATA. Sebab parael pemakaian kabelnya tak sedikit, yaitu kabel IDE.
  3. SATA adalah pengembangan ATA memakai sistem Serial yang bekerja dengan cara multiplex jadi irit kabel. ATA dengan cara teoritis mentransfer data maksimal 133mbps sedangkan SATA 150mbps. Untuk SATA2 dapat mencapai 300 mbps.

Demikian lah artikel tetang pengertian dan perbedaan ATA dan SATA,semoga membantu. :)

Post a Comment

2 Comments