Tips and Trik

Penyebab dan solusi Bad Sector Pada Hardisk

Saat kamu mengoperasikan komputer anda, Kamu mungkin menerima pesan kesalahan yang menunjukkan hard disk Kamu mungkin mengandung bad sector. Kesalahan biasanya ditandai sebagai “CRC” alias “Cyclic Redundancy Error””. Berbagai file data Kamu hilang, tak bisa dibaca alias rusak serta tak bisa untuk mengakses file serta folder tertentu. Ini mungkin adalah penyebab persoalan bad sector. Sektor adalah ruangan penyimpanan pada hard disk. Serta sektor kurang baik adalah sektor pada disk dimana data tak bisa ditulis alias dibaca sebab kerusakan fisik alias inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk. Setiap data yang ditulis alias disimpan pada area yang mungkin hilang alias rusak. Data yang berada dibagian sektor disk yang lain mungkin tak terpengaruh serta disk tetap bisa dipakai apabila bad sectornya sedikit.

Ada berbagai penyebab Bad sector antaralain :
  1. Melemahnya magnetik dari piringan hardisk serta kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet serta sebabnya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  2. Dampak dari guncangan alias getaran, dimana saat kamu mengoperasikan komputer, serta saat hardisk sedang meperbuat proses baca serta tulis, bila terjadi goncangan alias getaran, bisa menyebabkan head bakal menggesek piringan dari hardisk jadi menyebabkan goresan pada piringan, jadi terjadi bad sector.
  3. Daya listips yang menurun dengan cara tiba-tiba saat hardisk meperbuat proses baca serta tulis, jadi head bakal terhenti mendadak serta bekerja mendadak saat daya listips naik lagi dengan cara tiba-tiba, dimana head bisa menggesek piringan hardisk
  4. Dampak dari susunan file pada hardisk tak teratur, jadi head tak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan suatu  software, yang lama-kelamaan head bisa menggesek plater dari hardisk serta mengdampakkan bad sector pada hardisk
Bad sector tersebut mempunyai kecenderungan untuk menyebar serta biasanya tak bisa diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, bisa menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak. Data yang rusak ringan tetap bisa diperbaiki dengan berbagai aplikasi.

Tanpa kamu ketahui, bad sector juga bisa dikarenakan oleh pemeriksaan Parity yang kurang baik saat menyalin bit pada disk. Pada hardisk modern data bakal disimpan dengan cara transparan serta bakal menyimpan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Ketika data dibaca, bit paritas juga diambil serta dibandingkan untuk menjamin integritas data. Faktor ini berjalan tanpa sepengetahuan user. Ketika bit parity rusak untuk berbagai alasan, kemudian bakal berdampak pada kesalahan bad sector. Dalam faktor ini, melewati berbagai perangkat lunak perbaikan proprietary, ADRC sangatlah bisa membenahi bad sector tanpa kehilangan data dengan mengoreksi alias menulis ulang bit-bit Parity yang rusak pada disk.

Sangat tak jarang bad sector bisa terjadi sebagai dampak dari head gagal dalam meperbuat proses baca serta tulis. Ketika head gagal dapam proses membaca serta menulis serta menafsirkan sinyal magnetik normal, tidak hanya itu bad sector juga bisa terjadi sebab tanda-tanda awal disk crash sebab mengalami penurunan kinerja.

Solusi untuk Persoalan Bad Sector Apabila disk tetap bekerja dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Apabila sistem merespon kemacatan data saat kamu mengcopy data yang penting itu berarti data kamu ada tersimpan pada lokasi bad sector tersebut serta sulit dikembalikan.

Umumnya, proses format penuh wajib bisa “menutupi” bad sector alias mengalokasikan sektor kurang baik dalam tabel alokasi file. serta kamu bisa semakin memakai disk sementara sistem operasi bakal memperhatikan lokasi bad sector serta menghindari sector tersebut.

Utilitas lain semacam CHKDSK umum yang disediakan oleh Sistem Operasi Windows bisa menolong untuk mendeteksi serta menandai bad sector. Selagi scan pada permukaan piringan hardisk, head bakal mencoba untuk menulis data ke sektor itu serta kemudian membaca kembali apakah bekerja alias tidak. Apabila proses baca serta tulis tak bisa diperbuat, sektor ini ditandai sebagai bad sector sebab tak bisa dipakai. Sistem operasi bakal mencatat sektor tertentu serta menghindari penggunaan sektor tersebu. Seusai itu, bad sector bakal dipetakan ke sektor khusus pada drive yang disediakan.

Untuk mengecek bad sector pada hardisk, kamu bisa meperbuatnya dengan tutorial :
  1. Double klik My Computer, kemudian klik kanan partisi hardisk anda, contohnya C, D alias E yang ingin kamu periksa.
  2. Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools.
  3. Selanjutnya klik Check now.
Bila kamu temukan Bad sector pada hardisk anda, bagaimana tutorial memperbaikinya?

Bila bad sector pada hardisk kamu tetap bad sector yang ringan kamu bisa memperbaikinya dengan tutorial :
  1. Memakai fasilitas check now diatas, serta pilih fasilitas repair
  2. Memakai berbagai aplikasi semacam HDD Regenerator, alias aplikasi Low Level Format

Bila bad sector telah tak sedikit maka siap-siap kamu wajib membackup data kamu serta membeli hardisk baru.

source : Blog Om Dunov

Post a Comment

0 Comments