Tips and Trik

Cara Blokir Website Tanpa Mikrotik


Setelah sekian lama tak ngebog akhirnya malam ini ane ngeblog lagi gan, ane lama gx ngeblog bukan karena males atau bosen didunia bloging, tapi karena banyak kesibukan lain didunia nyata :v salah satunya adalah nyelesaiin skripsi yang sudah lama gx kelar-kelar :v. Ehh... malah curhat. :v
oke langsung saja, seusai dengan judul postingan ini yaitu cara blok website tanpa mikrotik, ane kira cara ini cukup penting untuk membatasi penggunaan internet bagi anak-anak dibawah umur, maupun lab sekolah. karena internet membuat kita semua bebas menjelajahi apa saja yang ada didalamnya. oleh karena itu perlu dilakukan pembatasan penggunaannya, salah satu cara untuk membatasinya adalah dengan memblokir website website yang kita anggap tidak ada manfaatnya untuk dikunjungi maupun website yang banyak mengandung konten negtatif.

oke langsung saja ke inti postingan ini. ikutilah langkah-langkah dibawah ini,,,,
1. Silahkan buka file hosts, yang berada di folder Local disk (c) => windows=>system32=>drives=>etc>host. 
2. Setelah itu, silahkan buka file hosts tersebut menggunakan notepad,



3. Lalu tambahkan dibaris paling bawah url website yang ingin kita blok, misalkan disini ane mau blok facebook dan youtube. maka skrip nya seperti dibawah ini
4.setelah kita tambahkan script tesebut, lalu save, dan close.
5. Lalu silahkan buka dibrowser facebook dan youtube tersebut, maka tampilannya akan seperti dibawah ini.
Selesai, cukup mudahkan ? :v 
oke sekian tutorial dari ane untuk malam ini, untuk tutorial berikutnya mungkin suatu saat akan ane post lagi :v 
Dan sebagai informasi aja, tutorial ini ane buat atas request salah satu guru SMK di kota ane :v namun ane rasa cara ini cukup ribet karena harus mengedit seluruh PC yang ada di lab sekolah satu persatu, atau minimal copast file host yang sudah diedit tadi ke semua pc yang ada di lab tersebut. 
Untuk lebih mudahnya sih mending pake mikrotik :v, ya walaupun harganya mahal setidaknya lebih puas dengan layanannya :v
Sekiaaan.....

Post a Comment

0 Comments