Tips and Trik

Membuat acces control di Yii2

 Halo gaes...
Kembali lagi nih dengan tutorial dasar tenyang Yii2. Setelah sebelumnya sudah membuat CRUD, Database, Relasi antar table, kali ini kita akan membuat acces control. Jadi diisni kita harus login dulu untuk melakukan insert, update dan delete data. Oke Langsung saja kuy...


Gambar diatas adalah tampilan dari page post yang sebelumnya telah kita buat. Nah sebelumnya kan kita bisa mengubah, menghapus dan menambah data tanpa melakukan login. kali ini kita akan buat user harus login terlebih dahulu, agar bisa melakukan aksi di page post tersebut. Berikut caranya.
  1. Langkah pertama kita buka file post controllers, lalu tambahkan script berikut. Didalam script kita hanya membuat aktivitas create dan update saja yang harus login, sedangkan untuk view dan delete tidak perlu login. Jika ingin menambahkan delete tinggal tambah delete saja disana.

  2. Setelah kita menambahkan script tersebut, maka setiap kita berusaha untuk melakukan CRUD kita akan di direct ke page login.

    Jadi disini kita login menggunakan defaul user dari yii2, karena kita belum membuat login form sendiri. Username dan password ada pada bagian bawah tombol login.

  3. Setelah melakukan login, barulah kita dapat melakuka create dan update kembali.




Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu bagi yang ingin belajar framework yii.
Terimakasih telah memabaca, sampai jumpa di tutorial berikutnya.


Post a Comment

0 Comments